RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Susukan

IPS Materi Pokok  : Manusia, Tempat dan Lingkungan 

Sub Materi            : Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang 

Sub Sub Materi     :  Ruang dan Interaksi Antarruang 

Alokasi Waktu       :  4 JP (2 Pertemuan) 

A. Kompetensi Inti 

KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 

KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 

KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 

KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

C. Tujuan Pembelajaran ( Kompetensi Pengetahuan ) 
     1. menjelaskan pengertian konsep ruang; 
     2. menjelaskan pengertian interaksi antarruang; 
     3. menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia 
     4. menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya; 
D. Materi Pembelajaran 
     1. Materi 
          • Pengertian Ruang dan Interaksi antarruang 
          • Saling melengkapi datau regional 
           • Pesebaran penduduk 
    2. Materi pembelajaran remedial 
        ➢ Dinamika Kependudukan Indonesia 
        ➢ Kondisi Alam Indonesia 
    3. Materi pembelajaran pengayaan 
        ➢ Membuat data statistic penduduk yang ada di lingkungan kalian yang mencakup Nama, usia, jenis  
             kelamin, dan jenis pekerjaan? 
        ➢ Buatlah perbandingan antara Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia dengan yang
             ada di dunia ? Potensi sumber daya alam apakah yang mendominasi di Indonesia ? 
E. Metode Pembelajaran 
    1. Pendekatan : Scientific Learning 
    2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) 
    3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi F. Media Pembelajaran 
        a. Kertas HVS 
        b. Spidol G. Sumber Belajar Sumber Belajar : Buku pegangan

file:///home/chronos/u-7b8831ae4a44ade69e2897039f45d0c57980958c/MyFiles/Downloads/RPPIPSKLAS7.pdf 

Comments